Selasa, 18 Februari 2020 telah dilaksanakan kegiatan Cooking Class, pagi hari yang cerah anak-anak sudah mengumpulkan bahan-bahan yang sudah dibagi sesuai dengan kelompoknya dari rumah, sebelum kegiatan dimulai, anak-anak terlebih dahulu diberikan informasi melalui video cerita mengenai  manfaat makan sayur bagi kesehatan dan tepuk sayur, supaya anak lebih mengerti. Apakah anak-anak antusias untuk mengikuti kegiatan memasak dan makan bakwan? Ya, mereka sangat senang. Cooking class merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Anak-anak sambil bermain dapat mengembangkan gerakan motorik halusnya saat menuang dan mengaduk bahan masakan, mengenal macam-macam sayuran, belajar menjaga keselamatan diri dari api dan minyak panas, dan mengenal rasa. Semua anak senang dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Cooking class dilaksanakan di halaman bermain TK, semua bahan disiapkan dan disajikan di atas piring sehingga anak -anak dapat melihat dan membantu membuat adonan bakwan. Ibu Budi menjelaskan bahan-bahan yang adonan bakwan sayur dan pada saat mencampurkan bahan-bahan tersebut anak-anakpun diikutsertakan menuangkan sayur, terigu, dan telor secara bergantian. Begitu pula saat menggoreng anak-anak dilibatkan untuk menuang minyak kedalam wajan dan menggorengnya. Bakwan yang sudah digoreng langsung dibagikan oleh teman yang sudah ditunjuk dan anak-anak makan bersama sehingga bakwan tersebut habis.

Anak-anak sangat senang memakannya bahkan sampai habis. Terutama bagi anak-anak yang susah makan sayur ternyata mereka mau makan sampai habis. Sebuah kebanggan bagi sekolah, karena tujuan pengenalan sayuran melalui cooking class, dapat tercapai dengan memuaskan. Syukur kepada Tuhan dan berbagai pihak, karena berhasil mengajak anak-anak makan sayur.

Sebarkan artikel ini